Minggu, 02 Juni 2013

Ilmu Kealaman Dasar


Bab I Hakikat dan Ruang Lingkup IKD
            Hakekatnya IKD bukanlah merupakan suatu disiplin ilmu, melainkan suatu pengetahuan tentang konsep–konsep dasar yang ada dalam Ilmu Pengetahuan Alam dan Teknologi. Pelaksanaan perkuliahan IKD ditujukan untuk membantu para mahasiswa agar memiliki pandangan yang lebih luas dalam bidang Ilmu Pengetahuan Alam, serta mendekati persoalan pengetahuan alam dengan penalaran yang lebih komprehensif.
            Perkuliahan IKD dimaksudkan untuk mengembangkan dan memperluas wawasan pengetahuan mahasiswa serta mencoba untuk membantu mahasiswa mengembangkan kemampuan personalnya. Setiap mahasiswa yang telah mengikuti perkuliahan IKD diharapkan cukup peka dan tanggap dan penuh rasa tanggung jawab terhadap berbagai masalah perkembangan IPA dan Teknologi disamping masalah sosial dan budaya yang ada dalam masyarakatnya, serta lingkungan hidup yang sering kali merupakan suatu proses yang terjalin secara tidak terpisahkan.
Sasaran perkuliahan IKD adalah agar mahasiswa yang mengikuti mata kuliah IKD dapat memperoleh dan memahami pengetahuan yang ada termasuk dalam bidang IPA dan Teknologi, serta dapat menanggapi dan menghargai pengetahuan tersebut. Mata kuliah IKD tidak dimaksudkan untuk memberikan dasar pengetahuan yang mendalam, melainkan memberikan suatu pandangan mengenai perkembangan IPA dan Tekonologi yang merupakan faktor penting dalam kehidupan manusia dan sumberdaya alam serta lingkungan hidupnya. Setelah mempelajari mata kuliah IKD, diharapkan mahasiswa dapat memperkaya cakrawala wawasannya terhadap ilmu alamiah dan teknologi, dapat menjaga kelestarian lingkungan hidup secara arif dan bertanggung jawab serta dapat menggunakan teknologi tepat guna.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar